Cari Blog Ini

Sabtu, 09 Oktober 2010

Kilas Balik Teknologi Java

Dari referensi diperoleh bahwa bahasa Java awalnya bernama Oak yakni berasal dari proyek Green yang dikembangkan oleh Sun Microsystem dengan tujuan untuk memprogram perangkat–perangkat elektronik rumah tangga semacam Televisi. Namum pada perkembangannya bahasa Oak ini menjadi bahasa yang bisa digunakan untuk pemrograman secara umum dan dikenal dengan bahasa Java pada saat ini.
Pada produksi pertamanya yaitu JDK versi 1.0.2 merupakan sekumpulan program dan library Java yang digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan program Java. Pada versi ini JDK 1.0.2 membuat gebrakan di dunia Web, sekalipun saat ini relatif jarang digunakan orang yakni Java Applet. Pada rilis selanjutnya, yakni versi 1.1 JDK dipecah menjadi dua bagian yaitu JRE (Java Runtime Environtment) yang dikhususkan untuk menjalankan program Java yang terdiri atas paket–paket yang bisa digunakan untuk mengkompilasi program dan sekaligus menjalankannya. Pada versi ini juga terdapat beberapa fitur baru semacam Java Swing, Java RMI (Remote Method Invocation) dan JIT Compiler.
Pada perkembangan selanjutnya, Sun Microsystem memperkenalkan Java versi 1.2 (Java 2 Complicant). Pada Java versi ini dibagi menjadi tiga katagori yaitu:
*Java 2 Standart Edition (J2SE)
Digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java pada level PC.
*Java 2 Enterprise Edition (J2EE)
Digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java pada lingkungan enterprise, dengan menambah fungsionalitas Java semacam EJB (Enterprise Java Bean), Java Cobra, JSP dan Java Xml.
*Java 2 Micro Edition (J2ME)
Digunakan untuk menjalankan dan mengembangkan aplikasi Java pada handheld device atau perangkat semacam Telepon genggam, Palm, PDA, dan Pocket PC.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar