Cari Blog Ini

Sabtu, 09 Oktober 2010

Java 2 MicroEditon

Java 2 Micro Edition (J2ME) dirancang untuk dapat menjalankan program Java pada perangkat semacam telepon genggam, PDA, Palm dan Pocket PC yang memiliki karakteristik yang berbeda dengan komputer (PC) karena memiliki jumlah memori yang terbatas, maka Java 2 Micro Edition (J2ME) sangat berguna untuk membangun sebuah aplikasi pada peralatan dengan jumlah memori dan kapasitas penyimpanan yang terbatas serta kemampuan user interface yang terbatas.
Seperti aplikasi Java umumnya yang menggunakan JVM (Java Virtual Memori) dalam J2ME digunakan pada Virtual Memori Machine yang biasa disebut K Virtual Machine artinya membutuhkan memori yang sangat kecil yaitu mulai dari 128 kb sampai 512 kb.
Saat ini terdapat dua jenis aplikasi dalam J2ME yaitu :
Walled Garden Application yaitu aplikasi yang berdiri sendiri (Stand Alone) yang berjalan tanpa mengakses sumber data
Contohnya : Calculator dan Singel Player Game
Network Aware Application yaitu aplikasi yang berinteraksi dengan jaringan
Contohnya : Aplikasi E-mail dalam telepon genggam
Dalam J2ME dibagi menjadi dua buah bagian yang dikenal dengan istilah Configuration dan Profile. Ada dua katagori J2ME Configuration saat ini yakni CLDC (Connected Limited Device Configuration) dan CDC (Connected Device Configuration).

Sedangkan J2ME Profile menyediakan implementasi tambahan yang sangat spesifik dari sebuah Handheld Device. Saat ini terdapat lima katagori dari J2ME Profile yaitu :
*Mobile Information Device Profile (MIDP)
*Foundation Profile (FP)
*Personal Profile
*RMI Profile
*Personal Digital Assistance profile

Tidak ada komentar:

Posting Komentar